Komunikasi Pemerintah Gampong Dalam Pengelolaan Dana Gampong (Studi di Desa Alue Leuhob Kecamatan Cot Girek Kabupaten Aceh Utara)

Authors

  • Magfiratul Fitriah FISIP, Universitas Malikussaleh
  • Muhammad Fazil FISIP, Universitas Malikussaleh
  • Dwi Fitri FISIP, Universitas Malikussaleh
  • Bobby Rahman FISIP, Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.8422502

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh komunikasi pembangunan yang dijalankan oleh pemerintah gampong belum maksimal dan belum transparan dalam mengomunikasikan tentang perencanaan dan pengelolaan dana anggaran pendapatan dan belanja gampong sehingga ini menghambat tercapainya tujuan komunikasi pembangunan yang efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan beberapa langkah teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi yang dilakukan Pemerintah Gampong Alue Leuhob dan masyarakat gampong dilakukan secara langsung dan dengan menggunakan bantuan media. Komunikasi secara langsung yang dilakukan meliputi musyawarah dusun, musyawarah gampong dan rapat-rapat. Sedangkan media yang dipakai oleh pemerintah gampong antara lain baliho/spanduk dan batu prasasti. Selain itu hambatan yang dihadapi pemerintah gampong berupa kurangnya SDM yang terampil untuk mengelola sarana komunikasi website gampong, kurangnya ketertarikan mengenai pengelolaan dana gampong terkait hal-hal yang kurang memberikan bermanfaat bagi sebagian warga, membuat mereka kurang tertarik untuk mengawasi jalannya pengelolaan dana desa.

Downloads

Published

09-10-2023

How to Cite

Fitriah, M., Muhammad Fazil, Dwi Fitri, & Bobby Rahman. (2023). Komunikasi Pemerintah Gampong Dalam Pengelolaan Dana Gampong (Studi di Desa Alue Leuhob Kecamatan Cot Girek Kabupaten Aceh Utara). Cendekia : Jurnal Hukum, Sosial Dan Humaniora, 1(4), 372–378. https://doi.org/10.5281/zenodo.8422502